Tip Belanja Batik

Batik sungguh menggoda....terutama kalau kita sedang berada di daerah wisata Batik atau berkunjung ke pengrajin batik, yang menyediakan berbagai pilihan dari ragam, bentuk, corak, kualitas hingga harga.
Tip berbelanja Batik yang efektif dan efisien dengan memperhatikan beberapa aspek berikut :
  1. Proses Pembuatan Batik
    Proses pembuatan batik akan memengaruhi harga dan kualitas batik yang dihasilkan.
    Batik Tulis yang motifnya sepenuhnya dikerjakan dengan tangan membutuhkan waktu dan ketelitian yang lebih, sehingga harganya pun cenderung lebih mahal.
    Lain halnya dengan Batik Cap yang pengerjaannya dibantu dengan alat canting cap dan dapat dikerjakan secara masal, harganya tentu akan lebih murah.
  2. Tiap motif ada artinya
    Secara garis besar. motif batik dibagi menjadi dua jenis, yaitu motif tradisional (keraton) dan pesisiran. Batik tradisional biasanya memiliki aturan (pakem), karena setiap motif memiliki makna terentu.
    Oleh karena itulah motif batik tertentu dipakai pada acara adat, bahkan beberapa di antaranya hanya boleh dikenakan oleh kalangan tertentu, biasanya anggota keluarga keraton. Sedangkan motif pesisiran merupakan campuran budaya lokal dan budaya asing sehingga motifnya lebih beragam dan penggunaannya tidak dibatasi.
    Namun dimasa kini, hampir semua motif boleh digunakan oleh masyarakat umum. Aturan penggunaan Batik sekarang lebih longgar.
    Meskipun begitu, tidak ada salahnya kan kalau kita mengerti arti filosofi di balik motif batik.
  3. Kualitas dan bahan
    Kualitas bahan merupakan salah satu hal penting yang menentukan harga batik. Batik dari bahan kain sutera tentu akan lebih mahal dibandingkan dengan kain batik yang terbuat dari katun.
  4. Periksa anggaran
    Periksalah anggaran baik-baik dan tentukan berapa yang akan dibelanjakan, terutama bila sedang berada di daerah wisata Batik yang menawarkan berbagai macam jenis dan pilihan Batik yang dapat menggoda hati.
  5. Kain atau busana jadi
    Kita sering bingung hendak memilih kain batik atau busana jadi. Membeli busana lebih praktis dan bisa langsung dicoba dan dirasakan cocok tidaknya dengan tubuh kita.
    Jika memutuskan membeli kain batik, pikirkan lagi dengan sungguh-sungguh apakah kain batik tersebut akan diolah menjadi pakaian atau tidak. Kalau hendak dijadikan pakaian, perhatikan apakah motifnya cocok untuk diolah sebagai blus atau kemeja atau bahkan hanya cocok dijadikan bawahan saja.
  6. Harga mahal tidak jaminan batik tulis
    Ada yang beranggapan batik dengan harga mahal pasti batik tulis dengan corak halus yang tahan lama. Jangan keliru dengan persepsi itu.
    Batik-batik cap maupun printing sekarang ini banyak yang mengikuti corak batik tulis dan kadang-kadang bisa lebih halus dari batik tulis.
    Bagaimana membedakan batik cap atau printing dengan batik tulis ?
    Walaupun agak susah, cobalah cermati beberapa hal ini, pada batik tulis :
    - Setiap gambar dan motifnya tidak sama persis (asimetris) -  ada bagian yang terlalu kecil dan ada bagian yang terlalu besar
    - Cecek-cecek dan isen-isen dalam tiap gambar juga tidak sama besarnya
    - Perhatikan warnanya, bolak-balik hampir sama. Batik tulis yang halus 90% bolak-balik sama
    - Bahan (kain mori) yang digunakan biasanya lebih berat dibandingkan dengan batik lainnya

Selamat berbelanja!
Batik Keren Ku : 100 % hanya batik tulis dan cap asli Indonesia
Garansi uang kembali atau tukar barang.